Info

Bolehkah Pakai Obat Tetes Mata Setiap Hari? Ini Jawabannya

Hati-hati dengan bahan pengawet dalam obat tetes mata yang bisa membuat iritasi lebih parah.

Yasinta Rahmawati

Tetes mata (Freepik/yupachingping)
Tetes mata (Freepik/yupachingping)

Sit.himedik.com - Saat mata kemasukan debu atau benda asing, obat tetes mata menjadi hal pertama yang dicari, begitu pula saat mengalami mata merah. Tetapi sebenarnya bolehkah kita sering menggunakan obat tetes mata? Bagaimana jika digunakan setiap hari?

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis obat tetes mata yang dijual bebas, tetapi itu semua bekerja dengan cara yang berbeda. Tetes mata tertentu lebih aman untuk penggunaan jangka panjang, sementara yang lain harus dihindari sama sekali.

Melansir dari Healthline, ada dua jenis tetes mata, yakni obat tetes mata dengan bahan pengawet dan tanpa bahan pengawet.

Obat tetes mata yang mengandung bahan pengawet memiliki umur simpan yang lebih lama. Pengawet ini merupakan bahan kimia yang mencegah bakteri berkembang biak.

Sehingga, Anda dapat menggunakan satu botol obat tetes mata untuk waktu yang lama.

Namun, bahan pengawet dalam obat tetes mata yang dijual bebas bisa menyebabkan iritasi mata menjadi lebih parah. Spesialis mata biasanya menyarankan Anda menggunakan obat tetes mata jenis ini tidak lebih dari empat kali sehari serta tidak disarankan digunakan dalam jangka panjang.

Sedangkan tetes mata bebas pengawet tersedia dalam beberapa botol sekali pakai. Jadi setelah Anda menggunakan satu dosis tetes, Anda harus membuang botolnya.

Obat tetes sekali pakai ini sangat membantu jika Anda memiliki mata kering yang parah dan membutuhkan lebih dari empat aplikasi per hari.

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping, atau jika obat tetes mata Anda berhenti membantu meredakan gejala. Jika Anda membutuhkan obat tetes mata secara teratur, penting untuk menemui dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Berita Terkait

Berita Terkini