Info

Susah Tidur Malam Karena Overthinking? Cobalah Lakukan Teknik Pernapasan Ini!

Teknik pernapasan tertentu bisa diterapkan untuk membantu mengatasi susah tidur malam.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi insomnia. (irishtimes.com)
Ilustrasi insomnia. (irishtimes.com)

Sit.himedik.com - Banyak orang kesulitan tidur malam hari karena overthinking atau banyak memikirkan sesuatu.

Banyak orang juga terbangun dini hari dan tidak bisa berhenti berpikir berlebihan atau juga dikenal sebagai overthinker. Hal ini pastinya tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Pakar tidur, Dr Nerina Ramlakhan memberikan saran mengenai hal-hal yang harus dilakukan ketika Anda tidak bisa berhenti berpikir atau overthinking saat tidur malam.

Dr Nerina berusaha menjawab pertanyaan dari pembacanya Stylist, yang menyebut diri mereka seorang insomnia dan terlalu banyak berpikir di malam hari.

Seorang pembacanya pun memberikan buku harian tidurnya selama 5 hari, yang penuh dengan gangguan malam dan selalu terjaga menatap langit-langit kamar.

"Ketika Anda bangun di malam hari, terimalah bahwa itu akan terjadi dan itu benar-benar normal untuk bangun di malam hari. Anda bisa terbangun di malam hari karena pikiran yang penuh dan mengalihkan," kata Dr Nerina dikutip dari The Sun.

Ilustrasi insomnia (pexels)
Ilustrasi insomnia (pexels)

Bila Anda ingin kembali tidur nyenyak, Dr Nerina menyarankan untuk melakukan metode pernapasan BOX guna menenangkan pikiran Anda dan membimbing Anda kembali ke tubuh.

Metode pernapasan BOX juga disebut pernapasan persegi, yakni pola pernapasan berulang untuk membantu Anda melepaskan stres dan kecemasan.

Metode pernapasan ini juga disebut sebagai "teknik pernapasan Navy SEAL" karena berguna untuk menguatkan saraf sebelum situasi tekanan tinggi.

"Karena otak adalah mesin pengenalan pola, ketika Anda memberinya sebuah pola, ia akan mengambil kendali. Ia akan segera menenangkan sistem saraf pusat," kata Bob Soulliere, seorang Instruktur Metode Wim Ho.

Jika Anda memiliki banyak pikiran, panik dan ingin menenangkan diri untuk tidur, salah satu intervensi terbaik pertama adalah memperlambat dan mengatur pernapasan Anda ke irama yang teratur.

Cara melakukan metode pernapasan BOX

Bayangkan sebuah persegi. Pada setiap sisinya itu mewakili tindakan tarik napas, tahan, buang napas dan rileks.

Ikuti langkah-langkah ini untuk setiap sisi persegi.

1. Tarik napas

Tarik napas perlahan melalui hidung saat Anda menghitung sampai empat. Letakkan tangan Anda di perut Anda dan rasakan perutnya mengembang dengan lembut.

2. Tahan

Tegangkan setiap otot di tubuh Anda saat Anda menahan napas selama empat hitungan.

3. Buang napas

Buang napas selama empat hitungan, rilekskan semua otot lagi.

4. Tenang

Jangan melakukan apa pun selama empat hitungan, baik menghirup atau menghembuskan napas. Pindai tubuh untuk memastikan semua otot Anda rileks

Ulangi siklus ini sebanyak mungkin hingga Anda merasa mengantuk atau seolah-olah tubuh Anda sedang tenggelam di tempat tidur.

Berita Terkait

Berita Terkini