Info

1 Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Indonesia, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Gejala cacar monyet salah satunya adalah pembengkakan kelenjar getah bening.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. (Pexels)
Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. (Pexels)

Sit.himedik.com - Kasus pertama cacar monyet atau monkeypox telah terdeteksi di Indonesia. "Satu pasien terkonfirmasi dari DKI Jakarta, laki-laki usia 27 tahun," ujar juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dalam konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

Karenanya, masyarakat diimbau untuk mengetahui gejala dan cara pencegahan agar penularan virus cacar monyet dapat dikendalikan.

Gejala cacar monyet 

Cacar monyet merupakan penyakit infeksi kulit menular yang disebabkan oleh virus bernama monkeypox. Meskipun disebut sebagai cacar monyet, namun sumber utama kasus tersebut bukan berasal dari monyet.

Kasus cacar monyet pertama kali ditemukan tahun 1958. Kasus cacar pertama kali ditemukan pada sekelompok hewan kera dan tahun 1970 kasus yang serupa menyerang manusia, di Kongo, Afrika.

Pada tahun 2022, penyakit cacar monyet kembali menyebar sampai WHO menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan mencegah diri dari terserang penyakit cacar monyet. 

Menurut keterangan dari Alodokter, gejala awal cacar monyet akan muncul selama satu sampai tiga hari. Gejala awal memperlihatkan ruam muncul di wajah dan menyebar ke seluruh tubuh bagian lain.

Komplikasi yang bisa muncul akibat cacar monyet (Suara.com/Shutterstock)
Komplikasi yang bisa muncul akibat cacar monyet (Suara.com/Shutterstock)

 

Ruam tersebut nantinya akan berkemban menjadi bintil bernanah, lalu pecah, dan berkerak. Oleh karena itu, Anda harus segera ke dokter ketika Anda mengalami ruam bernanah. 

Berikut beberapa gejala cacar monyet yang harus Anda pahami.

  • Demam
  • Letih dan lemas
  • Menggigil
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening, leher, ketiak, dan selangkangan

Pencegahan cacar monyet

Dilansir dari Suara.com, ada beberapa cara  pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindarkan diri dari cacar monyet. Berikut berapa langkah rekomendasi untuk mencegah penyebaran cacar monyet pada diri kita adalah sebagai berikut:

1. Rajin mandi dan mencuci tanan dengan air sabun atau hand sanitizer. 

2. Olah makanan yang bersih, cuci bahan makanan sebelum dimasak. 

3. Hindari pengunaan alat makan berbagi dengan orang lain terutama dari seseorang yang terinfeksi cacar monyet 

4. Hindari kontak dengan hewan liar, jangan sampai mengonsumsi dagingnya 

5. Masak bahan makanan seperti daging dan olahannya sampai benar-benar matang 6. Anda juga bisa melakukan cek darah secara berkala untuk mengetahui kemungkinan penyebaran secara dini, terutama jika Anda baru saja melakukan kontak dengan hewan dan seseorang yang terinfeksi.

7. Bila Anda memiliki hewan peliharaan, waspadai kemungkinan penyebaran cacar monyet pada hewan peliharaan dengan gejala seperti demam, batuk, mata dan hidung berair, ruam, bulu rontok

Berita Terkait

Berita Terkini