Info

4 Tahapan Lesi Kulit Cacar Monyet, Seperti Apa?

Cacar monyet memiliki berbagai gejala, seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening hingga munculnya ruam atau lesi kulit.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi cacar monyet. (Elements envato)
Ilustrasi cacar monyet. (Elements envato)

Sit.himedik.com - Ruam atau lesi kulit menjadi salah satu gejala cacar monyet (monkeypox) yang paling terlihat. Lesi kulit ini adalah gejala cacar monyet yang paling umum dan bisa terlihat mirip dengan jerawat atau lecet.

Namun melansir dari Suara.com, lesi cacar monyet memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari kondisi dermatologis lain. Tentunya, penegakan diagnosis harus diperoleh dari tenaga kesehatan yang mengambil sampel lebih dulu.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), lesi kulit akibat cacar monyet berkembang melalui empat tahap, yang masing-masing berlangsung sekitar satu hingga dua hari.

Tahapan tersebut adalah makula (lesi datar), papular (lesi yang meninggi), vesikular (lesi berisi cairan), pustular (lesi yang meradang dan berisi nanah).

Setelah itu, lesi menjadi berkeropeng dan mengelupas. Durasi total penyakit cacar monyet biasanya antara dua hingga empat minggu.

Ilustrasi cacar monyet. (Elements envato)
Ilustrasi cacar monyet. (Elements envato)

 

Meskipun mereka dapat muncul di mana saja di tubuh, lesi cacar monyet sering ditemukan pada alat kelamin, tangan, kaki, dada, dan wajah. Selain itu juga dapat muncul di dalam tubuh di permukaan mukosa seperti mulut, anus, atau vagina.

Warna lesi itu pun dapat bervariasi berdasarkan warna kulit seseorang atau stadium virus. Para ahli melaporkan melihat benjolan opal atau keputihan, tetapi benjolan itu juga bisa lebih merah, merah muda, coklat, atau ungu.

Perlu diingat bahwa timbulnya gejala cacar monyet mirip dengan flu, yang berarti kemungkinan akan dimulai dengan demam.

Jadi jika Anda melihat ada benjolan atau lepuh baru tetapi merasa sehat, ada kemungkinan besar kulit Anda bereaksi terhadap sesuatu selain cacar monyet.

Gejala seperti flu mulai sekitar tiga minggu setelah paparan cacar monyet, dan lesi atau ruam mungkin mulai muncul antara satu hingga empat hari setelah itu.

Berita Terkait

Berita Terkini