Info

7 Efek Begadang bagi Kesehatan, dari Obesitas hingga Menurunkan Konsentrasi

Efek yang ditimbulkan ketika seseorang terlalu sering begadang tidaklah main-main.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi begadang. (shutterstock.com)
Ilustrasi begadang. (shutterstock.com)

Sit.himedik.com - Tugas sekolah, deadline pekerjaan, beberapa kegiatan hingga faktor kesehatan dapat menyebabkan seseorang begadang atau sulit tidur hingga larut malam. Padahal, efek yang ditimbulkan ketika seseorang terlalu sering begadang tidaklah main-main. Lantas apa saja efek begadang bagi kesehatan

Mengantuk menjadi salah sau efek yang paling umum terjadi saat seseorang begadang pada malam hari. Setelah bedagang, mungkin saja Anda akan merasa sangat mengantuk dan kelelahan. Namun ternyata tak sampai disitu saja, karena ada beberapa efek begadang yang bisa menyebabkan terganggunya kondisi fisik dan mental seseorang lho. 

Karena pada umumnya, orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda tergantung usia dan kegiatan sehari-hari. Adapun waktu tidur yang ideal pada orang usia dewasa pada umumnya adalah sekitar 7 hingga 9 jam per hari, sementara anak-anak membutuhkan tidur selama 10–13 jam setiap harinya. 

Efek Begadang Bagi Kesehatan 

Selain efek yang disebutkan di atas, ada beberapa efek lain yang dutumbulkan jika seseorang terlalu sering begadang. Beberapa diantaranya yaitu: 

1. Menyebabkan Obesitas

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur atau begadang terlalu sering dapat mengalami kenaikan berat badan yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan orang yang tiap hari tidurnya cukup. Sehingga, orang yang sering begadang akan lebih berisiko tinggi mengalami kenaikan badan atau obesitas. 

2. Penuaan Dini 

Ketika begadang dan kurang tidur di malam hari, maka tubuh Anda akan lebih banyak menghasilkan hormon stres (kortisol). Hormon tersebut bisa memecah serta merusak struktur kolagen yang ada pada kulit. Yaitu sebuah protein yang berfungsi membuat kulit terlihat lebih kencang dan elastis. 

Akibatnya, kulit dan wajah Anda akan menjadi terlihat kusam dan kering. Adapun rusaknya kolagen di wajah ini menyebabkan munculnya garis-garis atau kerutan di wajah, flek maupun bintik-bintik kehitaman, serta mata bengkak dan muncul sebuah lingkar hitam di area mata (mata panda). 

3. Menyebabkan Masalah Mental 

Efek begadang bagi kesehatan sslanjutnya adalah bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah terkait mental. Ketika seseorang kurang tidur, maka tubuh akan lebih rentan untuk mengalami stres. Hal ini terjadi karena, hormon kortisol yang memicu terjadinya stres akan banyak diproduksi oleh tubuh dalam jumlah tinggi saat begadang. 

Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu panjang, maka stres akan menyebabkan masalah mental lain yang sangat serius, seperti gangguan cemas (anxiety disorder) sampai depresi. 

4.  Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Sistem imunitas dalam tubuh seseorang juga akan menurun apabila tubuh tidak memiliki waktu cukup untuk beristirahat. Hal ini lantaran, antibodi dan senyawa sitokin yang memiliki peran dalam melawan bakteri serta virus penyebab penyakit dalam tubuh diproduksi selama seseorang tidur. 

Oleh karena itulah, orang yang sering begadang dalam watu lama akan rentan terserang penyakit sebab infeksi bakteri dan virus. 

5. Menurunkan Fokus atau Konsentrasi 

Penurunan fokus ataupun konsentrasi bisa terjadi karena efek begadang. Kurang tidur diketahui menyebabkan tubuh akan terasa sangat lelah sehingga bisa mengganggu perhatian, konsentrasi dan kewaspadaan. 

Di samping itu, efek begadang juga akan berdampak terhadap daya ingat orang. Ini karena, sel-sel saraf di otak tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membuat regenerasi apabila seseorang sering begadang. 

6. Penurunan Gairah Seksual (Libido) 

Efek begadang bagi kesehatan berikutnya adalah penurunan libido. Saat seseorang kurang tidur, maka tubuh akan sering merasa kelelahan, mengantuk, kekurangan energi, dan juga lebih mudah stres. Efek yang ditimbulkan dari begadang ini pada akhirnya bisa menyebabkan Anda menjadi kurang bergairah saat sedang berhubungan seksual. 

7. Penurunan Sistem Imunitas 

Beberapa riset menunjukkan jika kebiasaan kurang tidur atau sering begadang, terutama saat waktu tidur kurang dari 6 jam, maka dapat membuat daya tahan tubuh melemah. Hal ini bisa menjadikan tubuh Anda lebih rentan terkena infeksi bakteri dan juga virus. 

Itulah beberapa efek begadang bagi kesehatan yang sangat berbahaya. Semoga bermanfaat! 

Berita Terkait

Berita Terkini