Info

5 Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Perlu Anda Tahu, Tak Cuma Ganti Pasta Gigi

Mengatasi gigi sensitif bisa dilakukan lewat beberapa cara.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi gigi (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi gigi (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Sit.himedik.com - Gigi sensitif menjadi masalah banyak orang di dunia. Pada saat tertentu, hal ini sangat mengganggu dan dapat merusak momen indah. Maka dari itu, harus dipahami cara mengatasi gigi sensitif secara efektif, sehingga rasa nyeri yang muncul dapat segera dihilangkan.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi gigi sensitif yang muncul sewaktu-waktu. Memang cara-cara ini tidak kemudian menjadi solusi instan, sebab memang memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengatasi hal ini.

Beberapa cara mengatasi gigi sensitif antara lain adalah sebagai berikut, dirangkum dari Mayo Clinic.

1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Penggunaan pasta gigi khusus gigi sensitif dapat membantu kondisi gigi sensitif menjadi lebih baik. Setelah digunakan dalam waktu tertentu, gigi akan terasa lebih kuat sehingga tidak mudah merasa nyeri ketika terpicu oleh suatu hal.

Anda bisa meminta rekomendasi pasta gigi khusus gigi sensitif dari dokter gigi kepercayaan Anda, agar memperoleh produk paling sesuai dengan kondisi gigi yang Anda miliki.

Ilustrasi pasta gigi. (Shutterstock)
Ilustrasi pasta gigi. (Shutterstock)

2. Penggunaan Produk Fluoride

Produk ini bisa jadi opsi selanjutnya untuk memperkuat enamel gigi yang mengalami kondisi sensitif. Dokter gigi akan mengaplikasikan fluoride ini pada gigi yang mengalami kondisi tersebut, agar memiliki kekuatan yang lebih baik.

Pada kondisi tertentu, dokter juga akan meresepkan fluoride untuk penggunaan di rumah, sehingga Anda bisa mengatasi rasa sakit lebih cepat.

3. Prosedur Desensitisasi atau Penambalan

Gigi sensitif juga dapat dipicu karena adanya akar gigi yang terekspos di bagian dalam mulut. Maka dari itu, cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah melakukan desensitisasi atau penambalan pada akar gigi yang muncul ke permukaan tersebut.

Prosedur ini bisa dilakukan oleh dokter gigi yang memiliki pengalaman, dan akan menggunakan anestesi lokal untuk mendukung prosedurnya.

4. Operasi Gusi

Akar yang terekspos ini dapat pula disebabkan akibat ketiadaan gusi yang melindunginya. Jika prosedur penambalan gagal dilakukan, maka operasi pencangkokan gusi bisa menjadi opsi berikutnya.

Sebagian jaringan gusi akan diambil dari dalam mulut, untuk ditempelkan pada akar gigi yang terekspos ini. Dengan demikian akar gigi dapat terlindungi dan sensitivitasnya dapat berkurang drastis.

5. Prosedur Root Canal

Prosedur ini dilakukan ketika cara-cara lain tidak kunjung berhasil. Prosedur ini dilakukan pada bagian dalam gigi, untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan sensitivitas yang dimiliki gigi tersebut. Cara ini dinilai paling sukses mengurangi gigi sensitif.

Itu tadi setidaknya 5 cara mengatasi gigi sensitif yang dialami banyak orang. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda, dan dapatkan rekomendasi terbaik untuk mengatasi gigi sensitif yang Anda miliki.

(I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini