Info

5 Tanda Kekurangan Vitamin D, Rambut Rontok Termasuk

Inilah beberapa gejala kekurangan vitamin D yang harus dikenali.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi vitamin D. (Shutterstock)
Ilustrasi vitamin D. (Shutterstock)

Sit.himedik.com - Banyak orang mengalami kekurangan vitamin D tanpa disadari. Padahal, kekurangan vitamin D ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan yang membutuhkan perhatian medis segera.

Karena itu, Anda perlu mengenali gejala-gejala kekurangan vitamin D. Bila Anda sudah mengenalinya, Anda bisa konsultasi dengan dokter.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa gejala-gejala kekurangan vitamin D yang harus dikenali.

1. Rambut rontok

Vitamin D sangat penting untuk sel-sel kulit yang memproses keratin, protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan kuku kita.

Saat Anda kekurangan vitamin D, keratin tidak diproduksi pada tingkat yang dibutuhkan dan rambut kita menderita. Faktanya, kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan alopecia dan penipisan rambut pada pria dan wanita.

Ada banyak penelitian yang menyimpulkan dengan hasil yang sama, yang berarti bahwa perubahan dalam pola makan kita diperlukan.

ilustrasi rambut rontok.[pixabay]
ilustrasi rambut rontok.[pixabay]

2. Susah tidur

Vitamin ini memainkan peran penting dalam memiliki pola tidur yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan insomnia, gangguan tidur, kurang tidur, dan lebih sedikit jam tidur.

Pada beberapa orang, kondisi ini bisa menyebabkan sleep apnea, di mana pernapasan seseorang tidak diatur dan mengganggu tidur mereka sepanjang malam.

3. Lebih sering sakit

Salah satu pelindung yang dapat dimiliki tubuh dan sistem kekebalan Anda sebagai pertahanan terhadap penyakit dan virus adalah vitamin D.

Saat tubuh Anda kekurangan vitamin D, Anda akan lebih mudah tertular virus dan sering sakit. Anda akan lebih rentan terkena pilek, bronkitis, dan pneumonia.

4. Nyeri tulang dan sendi

Penelitian telah menunjukkan bagaimana kekurangan vitamin D meningkatkan kemungkinan terkena rheumatoid arthritis di kemudian hari.

Hal ini karena membantu menjaga massa tulang dalam tubuh kita dengan membantu penyerapan kalsium. Tinjauan ilmiah lainnya menunjukkan bahwa orang yang menderita nyeri otot kronis dan masalah terkait tulang lainnya cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah.

5. Kelelahan sepanjang waktu

Kelelahan bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk stres, kecemasan, depresi dan kekurangan vitamin D. Satu studi oleh 480 orang dengan kekurangan vitamin D lebih sering mengalami kelelahan.

Karena, tulang dan otonya lebih lebih lemah sehingga menyebabkan seluruh tubuh merasa lebih lelah. Tapi, memperbaiki pola makan dan mulai mengonsumsi suplemen membantu mengembalikan energi yang hilang.

Berita Terkait

Berita Terkini