Pria

Justin Bieber Idap Sindrom Ramsay Hunt, Hati-hati Risiko Komplikasinya!

Justin Bieber menderita sindrom Ramsay Hunt yang risiko komplikasinya perlu diwaspadai.

Shevinna Putti Anggraeni

Justin Bieber idap sindrom ramsay hunt (Dok: Instagram/Justinbieber)
Justin Bieber idap sindrom ramsay hunt (Dok: Instagram/Justinbieber)

Sit.himedik.com - Justin Bieber mengumumkan dirinya baru saja didiagnosis menderita sindrom Ramsay Hunt yang menyebabkan kelumpuhan wajah pada satu sisi.

Penyakit ini juga membuat Justin Bieber tidak bisa mengedipkan salah satu matanya, menggerakkan lubang hidung atau tersenyum di satu sisi wajah.

Karena sindrom Ramsay Hunt ini cukup serius, Justin Bieber pun ingin menggunakan waktunya sementara ini untuk istirahat dan bersantai sampai kembali normal 100 persen.

Sindrom Ramsay Hunt yang tidak tertangani dengan tepay memang bisa menyebabkan sejumlah komplikasi dilansir dari Mayo Clinic, seperti:

Potret Justin Bieber tampil di konsernya (Instagram/@justinbieber)
Potret Justin Bieber tampil di konsernya (Instagram/@justinbieber)

1. Kehilangan pendengaran permanen dan kelemahan wajah

Bagi kebanyakan orang, gangguan pendengaran dan kelumpuhan wajah yang terkait dengan sindrom Ramsay Hunt bersifat sementara. Namun, itu bisa menjadi permanen.

2. Kerusakan mata

Kelemahan wajah yang disebabkan oleh sindrom Ramsay Hunt dapat membuat Anda sulit untuk menutup kelopak mata. Ketika ini terjadi, kornea yang melindungi mata Anda bisa rusak. Kerusakan ini dapat menyebabkan sakit mata dan penglihatan kabur.

3. Neuralgia pascaherpetik

Kondisi menyakitkan ini terjadi ketika infeksi herpes zoster merusak serabut saraf. Pesan yang dikirim oleh serabut saraf ini menjadi bingung dan berlebihan, menyebabkan rasa sakit yang mungkin berlangsung lama setelah tanda dan gejala lain dari sindrom Ramsay Hunt memudar.

Saat ini, tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah meminta anak-anak untuk rutin vaksin cacar air guna mengurangi risiko terinfeksi cacar air. Vaksin herpes zoster untuk orang berusia 50 tahun atau lebih juga dianjurkan.

Berita Terkait

Berita Terkini