Wanita

Mengenal Sindrom Stevens-Johnson yang Dialami Kartika Putri, Wajahnya Dipenuhi Luka Melepuh

Seseorang dapat berisiko terserang Sindrom Stevens-Johnson apabila memiliki kondisi berikut.

Yasinta Rahmawati

Kartika Putri dan Habib Usman. (Suara.com/Ismail)
Kartika Putri dan Habib Usman. (Suara.com/Ismail)

Sit.himedik.com - Kartika Putri baru saja membagikan kondisi kesehatannya yang mengalami penyakit misterius lewat Instagram Story. Terlihat pada wajahnya dipenuhi luka melepuh, mulai dari bagian kening, hidung, bawah mata, pipi, hingga bibir.

Tak cuma di kulit wajah, bagian lidah hingga langit-langit mulutnya muncul sariawan berukuran besar yang tiba-tiba muncul.

Wanita berusia 33 tahun itu mengaku sudah melakukan sejumlah pengobatan di Indonesia, namun belum ada kemajuan. Karenanya, ia berangkat ke Singapura untuk menjalani pengobatan lebih lanjut.

"Udah mulai capek sama jarum. Bismillah sehat. After stemcell tiap hari suntik exosome di tangan 5 hari berturut-turut. Infus vitamin dan suntik kortikosteroid tiap hari. Hari ini mutusin ke Singapura untuk cek semuanya lebih lanjut, doain ya semua," kata Kartika putri sambil menandai lokasi Gleneagles Hospital di Singapura.

Terkait apa penyakitnya sendiri, wanita yang akrab disapa Karput itu mengaku sama sekali tak mengetahuinya.

"Buat yang tanya kenapa, aku pun belum tahu pasti kenapa. Doain aja ya semua," sambungnya.

Kondisi wajah Kartika Putri yang dipenuhi luka pun ramai menjadi sorotan netizen. Banyak netizen bertanya-tanya apa penyakit yang sedang ia derita.

Mengomentari kondisi Kartika Putri yang dibagikan ulang oleh akun Instagram @lambe_turah, seorang dokter menduga ia tengah mengalami Sindrom Stevens-Johnson.

"Kecurigaan mengarah Sindrom Stevens-Johnson," komentar Eldion Sanada, dokter kulit di klinik Shanum Aesthetic.

Apa Itu Sindrom Stevens-Johnson?

Bagi yang belum tahu, Sindrom Stevens-Johnson merupakan reaksi alergi yang ditandai dengan ruam atau luka melepuh di kulit wajah, lapisan bola mata, rongga mulut, maupun area dubur dan kelamin.

Dilansir dari laman Alodokter, pada orang dewasa sindrom Stevens-Johnson dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan seperti pereda nyeri, antibiotik, asam urat hingga antivirus nevirapine.

Selain efek samping obat-obatan, seseorang dapat berisiko terserang Sindrom Stevens-Johnson apabila memiliki kondisi:

  1. Daya tahan tubuh lemah, seperti baru menjalani transplantasi organ, efek samping kemoterapi, menderita HIV/AIDS, atau penyakit autoimun
  2. Menderita kanker terutama kanker darah
  3. Memiliki kelainan genetik yang dapat memicu timbulnya efek samping obat-obatan tertentu
  4. Pernah menderita atau memiliki keluarga yang pernah menderita Sindrom Stevens-Johnson

Berita Terkait

Berita Terkini